Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid
Kita sadari bersama bahwa setiap anak memiliki karakteristik masing-masing. Kita sebagai guru yang mendampingi proses belajarnya tentu tidak menyamaratakan anak satu dengan lainnya. Kita harus mampu memenuhi kebutuhan belajar anak. Untuk memenuhi kebutuhan belajar anak/murid yaitu melalui pembelajaran berdiferensiasi.
Apa itu Pembelajaran Berdiferensiasi?
Menurut Tomlinson (2001: 45), Pembelajaran Berdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid.
Pembelajaran berdiferensiasi bukan berarti guru harus mengajar dengan 28 cara yang berbeda untuk mengajar 28 orang siswa.
Pembelajaran berdiferensiasi bukan berarti bahwa guru harus memperbanyak jumlah soal untuk siswa yang lebih cepat bekerja dengan yang lambat bekerja.
Pembelajaran berdiferensiasi juga bukan berarti guru harus mengelompokkan siswa yang pintar dengan yang pintar dan siswa yang kurang dengan yang kurang.
Pembelajaran berdiferensiasi bukan pula memberikan tugas yang berbeda untuk setiap anak.
- Bagaimana mereka menciptakan lingkungan belajar yang “mengundang’ murid untuk belajar dan bekerja keras untuk mencapai tujuan belajar yang tinggi. Kemudian juga memastikan setiap murid di kelasnya tahu bahwa akan selalu ada dukungan untuk mereka di sepanjang prosesnya.
- Kurikulum yang memiliki tujuan pembelajaran yang didefinisikan secara jelas. Jadi bukan hanya guru yang perlu jelas dengan tujuan pembelajaran, namun juga muridnya.
- Penilaian berkelanjutan. Bagaimana guru tersebut menggunakan informasi yang didapatkan dari proses penilaian formatif yang telah dilakukan, untuk dapat menentukan murid mana yang masih ketinggalan, atau sebaliknya, murid mana yang sudah lebih dulu mencapai tujuan belajar yang ditetapkan.
- Bagaimana guru menanggapi atau merespon kebutuhan belajar muridnya. Bagaimana ia akan menyesuaikan rencana pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar murid tersebut. Misalnya, apakah ia perlu menggunakan sumber yang berbeda, cara yang berbeda, dan penugasan serta penilaian yang berbeda.
- Manajemen kelas yang efektif. Bagaimana guru menciptakan prosedur, rutinitas, metode yang memungkinkan adanya fleksibilitas. Namun juga struktur yang jelas, sehingga walaupun mungkin melakukan kegiatan yang berbeda, kelas tetap dapat berjalan secara efektif.
- Kesiapan belajar (readiness) murid
- Minat murid
- Profil belajar murid
- Konten: masukan, apa yang dipelajari murid.
- Proses: bagaimana murid berupaya memahami ide dan informasi.
- Produk: keluaran, atau bagaimana murid menunjukkan apa yang telah mereka pelajari.
- Materi disajikan dalam bentuk beragam (contoh: video, bacaan, gambar)
- Terdapat keterampilan atau pengetahuan yang bisa dipelajari secara mandiri oleh setiap murid
- Pengetahuan yang disajikan memungkinkan murid menyampaikannya pada teman sebaya
- Pengetahuan disajikan dalam berbagai tingkat kesulitan untuk satu tema besar
- Adanya sumber belajar yang kaya sehingga setiap murid dapat memilih salah satu sub materi yang disukai
- Cara penyampaian materi dilakukan secara beragam sesuai kemampuan memahami murid (contoh: diskusi, studi kasus, dongeng, video, permainan)
- Terdapat variasi aktivitas untuk memahami materi berdasarkan wadah (luring/ daring)
- Terdapat variasi aktivitas untuk memahami materi berdasarkan lokasi (dalam/ luar kelas)
- Terdapat variasi aktivitas untuk memahami materi berdasarkan jumlah murid (klasikal/ kelompok/ individu)
- Ada aktivitas yang melibatkan murid secara aktif untuk menemukan pengetahuan tambahan
- Terdapat variasi produk pengetahuan untuk setiap murid (contoh: pertunjukan, poster, cerpen)
- Penilaian terhadap pemahaman murid dibuat beragam (mencakup sikap, pengetahuan, keterampilan, minat)
- Adanya variasi aktivitas dalam pengerjaan tugas (tugas individu dan tugas kelompok)
- Adanya pemberian kesempatan untuk murid menciptakan produk atau karya mandiri
- Adanya variasi penilaian berdasarkan tingkat kesulitan dan kemampuan murid (mudah, sedang, dan sulit)
Posting Komentar