Kisi-Kisi Soal Tematik Terpadu Kelas 1, 2, 3, 4, dan 5 Semester II

Kisi-Kisi Soal Tematik Terpadu Kelas 1, 2, 3, 4, dan 5 Semester II

Kisi-Kisi Soal Tematik Kelas 1, 2, 3, 4, dan 5
Penilaian hasil belajar merupakan kegiatan mengumpulkan dan mengolah informasi hasil belajar siswa untuk mengetahui perkembangan pembelajaran dan menyimpulkan hasil pencapaian pembelajaran. Penilaian hasil belajar siswa dapat dilakukan oleh pemerintah, satuan pendidikan, dan pendidik. 

Penilaian hasil belajar oleh pemerintah biasanya dilakukan dalam bentuk tes terstandar baik dalam penyiapan bahan tes, pelaksanaan tes, maupun analisis dan pemanfaatan hasil tes.

Adapun langkah-langkah dalam menyusun instrumen tes tertulis yaitu menentukan tujuan, menyusun kisi-kisi, menulis soal, telaah soal dan revisi. 

Kisi-kisi adalah suatu format berbentuk matriks yang berfungsi sebagai pedoman dalam penulisan soal dan perakitan tes. 

Dengan adanya kisi-kisi, dapat dihasilkan soal yang sama (paralel) dari segi kedalaman dan cakupan materi. 

Komponen kisi-kisi terdiri atas identitas dan matriks. 

Identitas meliputi jenjang pendidikan, program/jurusan, mata pelajaran, kurikulum, dan jumlah soal. 

Matriks berisi kompetensi dasar, materi, indikator soal, level kognitif, nomor soal, dan bentuk soal. 

Syarat kisi-kisi yang baik: 
  1. Mewakili isi kurikulum/kompetensi; 
  2. Komponen-komponennya rinci, jelas, dan mudah dipahami; 
  3. Dapat dibuat soalnya sesuai dengan indikator dan bentuk soal yang ditetapkan.
Berikut adalah contoh kisi-kisi soal tematik terpadu kelas 1, 2, 3, 4, dan 5 semester II yang masih sebatas pemetaan jumlah soal pada setiap kompetensi dasar dan perlu disempurnakan format serta isinya dan disesuaikan dengan dengan situasi dan kondisi di satuan pendidikan masing-masing:


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Iklan In-Feed (homepage)

" target="_blank">Responsive Advertisement