Instrumen Penilaian Sikap
Belajar dari Rumah
![]() |
Dalam kurikulum 2013, penilaian sikap mencangkup kompetensi inti (KI) 1 dan 2. KI 1 adalah sikap spiritual dan KI 2 adalah sikap sosial.
Kompetensi sikap spiritual (KI-1) yang akan diamati adalah menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
Kompetensi sikap sosial (KI-2) yang akan diamati mencakup perilaku antara lain: jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga, dan negara.
Penilaian sikap terdiri atas penilaian utama dan penilaian penunjang. Penilaian utama diperoleh dari hasil observasi harian yang ditulis di dalam jurnal harian. Penilaian penunjang diperoleh dari penilaian diri dan penilaian antarteman, hasilnya dapat dijadikan sebagai alat konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik.
Di masa pendemi penyebaran covid-19, siswa diharuskan belajar dari rumah dan guru bekerja dari rumah, tentu kita sebagai guru akan terkendala dalam melakukan penilaian. Namun kondisi tersebut mengharuskan kita melakukan berbagai upaya dalam memecahkan masalah.
Dalam menyambut tahun ajaran baru tentu kita harus menyiapkan beberapa perencanaan. Penulis mencoba menyampaikan ide atau teknik dalam melaksanakan penilaian sikap ketika siswa belajar dari rumah di masa pandemi covid-19.
Penilaian Sikap Spiritual
Penilaian sikap spiritual yang mencangkup; ketaatan beribadah, berprilaku syukur, berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, toleransi dalam beribadah.
Untuk menilai hal tersebut tentunya kita sebagai guru tidak bisa melakukan pengamatan secara langsung. Karena siswa belajar dari rumah tentunya yang memungkinkan melakukan penilaian yaitu orang tua, saudara, dan siswa itu sendiri.
Dalam melakukan penilaian tentu harus didukung oleh instrumen. Instrumen penulis coba susun menjadi 2 jenis yaitu instrumen untuk siswa (penilaian diri) dan instrumen orang tua. Berikut contohnya:
Penilaian Diri
Sikap Spiritual
Belajar dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19
Nama : .............................
Kelas : .............................
No. Absen : .............................
Petunjuk: Berilah tanda centang (√) pada kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya !
No | Sikap | Pernyataan | Ya | Tidak |
1 | Ketaatan beribadah | Saya patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianut | ||
Saya mau mengajak keluarga untuk melakukan ibadah bersama | ||||
Saya melaksanakan ibadah sesuai ajaran agama | ||||
Saya ikut serta merayakan hari besar agama | ||||
Saya melaksanakan ibadah tepat | ||||
2 | Berprilaku Syukur | Saya mengakui kebesaran Tuhan dalam menciptakan alam semesta | ||
Saya menjaga kelestarian alam dan tidak merusak tanaman | ||||
Saya tidak mengeluh | ||||
Saya selalu merasa gembira dalam segala hal | ||||
Saya selalu berterima kasih bila menerima pertolongan | ||||
Saya menerima perbedaan karakteristik sebagai anugerah Tuhan | ||||
Saya selalu menerima penugasan dengan sikap terbuka | ||||
3 | Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan | Saya berdoa sebelum dan sesudah belajar | ||
Saya berdoa sebelum dan sesudah makan | ||||
Saya mengajak teman berdoa saat memulai kegiatan | ||||
Saya mengingatkan saudara untuk selalu berdoa | ||||
4 | Toleransi dalam beribadah | Saya tidak mengganggu orang tua/saudara yang sedang beribadah | ||
Saya menghormati teman yang berbeda agama | ||||
Saya menghormati hari besar keagamaan lain | ||||
Saya tidak menjelekkan ajaran agama lain. | ||||
Penilaian Orang Tua
Sikap Spiritual
Belajar dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19
Nama Ananda : .............................
Kelas : .............................
No. Absen : .............................
Petunjuk: Berilah tanda centang (√) pada kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
No | Sikap | Pernyataan | Ya | Tidak |
1 | Ketaatan beribadah | Ananda patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianut | ||
Ananda mau mengajak keluarga untuk melakukan ibadah bersama | ||||
Ananda melaksanakan ibadah sesuai ajaran agama | ||||
Ananda ikut serta merayakan hari besar agama | ||||
Ananda melaksanakan ibadah tepat | ||||
2 | Berprilaku Syukur | Ananda mengakui kebesaran Tuhan dalam menciptakan alam semesta | ||
Ananda menjaga kelestarian alam dan tidak merusak tanaman | ||||
Ananda tidak mengeluh | ||||
Ananda selalu merasa gembira dalam segala hal | ||||
Ananda selalu berterima kasih bila menerima pertolongan | ||||
Ananda menerima perbedaan karakteristik sebagai anugerah Tuhan | ||||
Ananda selalu menerima penugasan dengan sikap terbuka | ||||
3 | Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan | Ananda berdoa sebelum dan sesudah belajar | ||
Ananda berdoa sebelum dan sesudah makan | ||||
Ananda mengajak teman berdoa saat memulai kegiatan | ||||
Ananda mengingatkan saudara untuk selalu berdoa | ||||
4 | Toleransi dalam beribadah | Ananda tidak mengganggu orang tua/saudara yang sedang beribadah | ||
Ananda menghormati teman yang berbeda agama | ||||
Ananda menghormati hari besar keagamaan lain | ||||
Ananda tidak menjelekkan ajaran agama lain. | ||||
Untuk pernyataan bisa ditambah atau disesuaikan dengan situasi dan kondisi.
Jika penilaian memungkinkan untuk daring (online), kita bisa memanfaatkan google form atau aplikasi sejenis lainnya.
Penilaian Diri
Sikap Sosial Jujur
Belajar dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19
Nama : .............................
Kelas : .............................
No. Absen : .............................
Petunjuk: Berilah tanda centang (√) pada kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
No | Sikap | Pernyataan | Ya | Tidak |
1 | Jujur | Saya tidak berbohong | | |
Saya tidak mencontek | | | ||
Saya mengerjakan sendiri tugas yang diberikan guru, tanpa menjiplak tugas orang lain | | | ||
Saya mengerjakan soal penilaian tanpa mencontek | | | ||
Saya mengatakan dengan sesungguhnya apa yang terjadi atau yang dialaminya dalam kehidupan sehari-hari | | | ||
| | Saya mau mengakui kesalahan atau kekeliruan | | |
| | Saya mengembalikan barang yang dipinjam atau ditemukan | | |
| | Saya mengemukakan pendapat sesuai dengan apa yang diyakininya, walaupun berbeda dengan pendapat teman | | |
| | Saya mengemukakan ketidaknyamanan belajar yang dirasakannya di rumah | | |
| | Saya membuat laporan kegiatan kelas secara terbuka (transparan) | | |
| | Total Skor | | |
| | | |
Contoh Pengolahan Data Hasil Penilaian:
Jika “Ya” = skor 1
Jika “Tidak = skor 0
Skor Maksimal = 10
Skor | Predikat |
0-2 | Perlu Bimbingan |
3-5 | Cukup |
6-8 | Baik |
9-10 | Sangat Baik |
Contoh-contoh di atas adalah ilustrasi, silahkan dimodifikasi dan disesuaikan dengan hakekat penilaian sikap pada kurikulum 2013, selain itu di masa pandemi covid-19, kita perlu menyesuaikan dengan situasi dan kondisi di lapangan ketika nanti mengajar jarak jauh atau tatap muka.
Posting Komentar